Pulau Sambu, Kota Tua Yang Berusia Lebih 100 Tahun


Bagi Anda yang belum pernah datang ke Kota Batam, saya akan sajikan beberapa foto bergambar atas lokasi-lokasi yang layak Anda kunjungi selama berada di Pulau Batam. Anda mungkin sering membaca atau mendengar nama Terminal Minyak Pulau Sambu.

Bagi Anda yang belum tahu, terminal minyak pertamina di Provinsi Kepri ini terletak di Pulau Belakangpadang, kota bekas kecamatan di Kabupaten Kepulauan Riau, yang kini menjadi bagian dari wilayah administrasi Pemerintah Kota Batam.

Pada tanggal 16 Agustus 2008 lalu, usia terminal ini 111 tahun, sejak didirikan pada tanggal 16 Agustus 1897.

Terminal ini, lebih dulu berdiri daripada Kota Batam, Kota tujuan investasi, ekonomi, perdagangan, alihkapal dan jasa di bagian barat pulau Sumatera.

Dikawasan terminal minyak pulau Sambu, Anda tidak hanya menjumpai Tanki berisi BBM.

Disana, Anda juga bisa menyaksikan beberapa gedung tua yang di bangun PT PERTAMINA, seperti Menara Selamat Datang yang diperindah dengan pernak-pernik Kuda Laut, Kantor Pos Indonesia, Bioskop Sambu Ria, Wisma Sambu, Gedung RS Pertamina, dan juga prasasti telapak tangan para manager operasi terminal minyak Pulau Sambu, sesuai tahun mereka bekerja dan mendiami kawasan tersebut.

Menjelang matahari tenggelam, di pulau yang dapat ditempuh dalam 20 menit dari pelabuhan internasional Sekupang-Batam ini, Anda bisa menyaksikan keindahan SUNSET Perairan Selat Malaka dari bibir pantai Sambu nan menawan dan bersih. (*)

9 Tanggapan

  1. Halo,

    Nama Saya Erianto Rachman (Eri)
    Saya pernah tinggal di P.Sambu 1982-1986.
    Kenangan Pulau Sambu sangat berbekas di hati saya. Sejak itu saya sangat menyukai pantai. Rumah saya di RES 21. Pinggir Pantai (Belakang Sambu). Ayah saya karyawan Pertamina, Ka KES MAS.

    Saya punya Blog untuk mengenang Pulau Sambu. silahkan berkunjung:
    http://ameltingpot.blogspot.com/2009/01/how-i-love-beach.html

    Salam,
    Eri

    • Melihat foto-2 P. Sambu dan ulasannya, saya suka dan jadi sering browsing utk lihat-2 foto-2 sekitar P. Sambu, utk recall my childhood memory i.e in around 1962 – 1963. Apakah msh punya segudang foto P. Sambu lainnya, bisa di share di blog P. sambu nya? Thx pak Ery

  2. THANK YOU SO MUCH…!!! CAUSE U EXPLAIN MY HOME ISLAND..THE GREAT ISLAND…
    I WAS BORN OUT THERE…
    MANY MUCH MORE..MEMORY…THE BEGINER UNTIL NOW……

    Tomhazard,
    Germany & Netherland Comunities

  3. Bro menurut gw pulau sambu kenangan ga enak….
    ya tau sendiri pulau terpencil ga ada fasilitas sama sekali…
    thanks bro postingnya….

  4. @ Ery : Wah gan bener2 cukup lama juga yah u di sana,
    jangan2 dah jadi orang melayu nih , iyak tuh
    rumah sangat indah pemandanganya, apalagi
    kalau sore wihh bisa sambil main di karang-
    karang melihat keindahan lautnya . thanks u blog,
    mengenalkan indahnya pulau kecil di indonesia.
    @ Tomhazard: Thanks to the your comment .. beauty of the
    island make impression meaning for any
    individual which have there.
    @maestro : mungkin saat itu u butus sebuah fasilitas yang
    lengkap, tapi sebagian orang kejenuhan
    terhadap aktivitas yang sibuk akan mencari
    sebuah suasana yang lain, termasuk
    keindahan alam yang sangat alami.
    thank u coment.

  5. pengen kesana banget, walau pun cuma iat gambar dan denger cerita aja, jadi tertarik. masih ingatkah kau pada aku yang dulu kau anggap adik angkat??? maaf

    • yah ini hanya sebuah cerita …
      semoga aja bisa main ke daerah2 yg lain, karena daerah yg lain enggak kalah bagusnya,,, dan belum banyak orang mengetahuinya …

      ….. tetep ingat ….

  6. Benarkah ia se eksotis seperti yg ada di novel “Pesan dari Sambu”

    • saya belum baca tentang novel tersebut. tanggapan saya tentang novel tsb: adanya kesalahan dalam sinopsis novel tsb dia menyebutkan bahwa perusahaan pulau sambu tsb PT.shell. itu salah, yg benar di masa jaman belanda telah di ambil alih oleh pemerintah dan di kelola oleh PT.Pertamina. jadikemungkinan besar novel tersebut terlalu lebay dan untuk eksotisnya menurut saya sebuah sejarah terhadap teknologi tercanggih pada jamanya dan masih di lestarikan / di manfaatkan sampai jaman sekarang.

Tinggalkan Balasan

